Kejang Dan Epilepsi Ketika Anak Panas

Kejang Dan Epilepsi Ketika Anak Sedang Panas

Tidak ada orangtua yang mau anaknya mendapatkan serangan kejang. Namun sayangnya, kadang hal ini bisa terjadi, dan sangat rentan menyerang anak yang sedang demam. Ya, saat anak sakit panas dan suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celsius, maka serangan kejang mengintai dari sudut ruangan. Masyarakat bisa menyebut kejang ini sebagai epilepsi, padahal tidak semua kejang adalah epilepsi.

Kejang Dan Epilepsi Ketika Anak Panas

Ketika seorang anak mengalami serangan kejang lebih dari satu kali yang tidak semuanya dipicu oleh demam, barulah dapat dikatakan bahwa anak tersebut mengalami epilepsi. Anak yang menderita epilepsi disebabkan oleh adanya electroencephalogram abnormal. Artinya, terdapat gelombang listrik tidak wajar pada aktivitas otak anak yang menyebabkan tubuhnya sering mengalami kejang-kejang tanpa kendali.

Namun, sayangnya sebanyak 30% dari anak yang penderita kejang biasa saat panas bisa berujung pada epilepsi, dibandingkan dengan posibilitas 0,50% pada anak normal. Resiko epilepsi ini akan menjadi semakin tinggi apabila sudah terdapat kelainan otak sebelumnya, mengalami kejang biasa yang berlangsung lebih dari 10 menit, dan mendapatkan lebih dari satu serangan kejang dalam satu periode demam.

Selain itu, kejang dan epilepsi ini juga menurun pada keluarga . Artinya jika ada salah satu anggota keluarga, baik dari anda maupun suami, yang menderita kejang atau epilepsi, maka anak anda pun mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terjangkit hal tersebut.

Sumber : Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *